Wali Kota Minta Warga Banda Aceh Tak Sepelekan Covid-19

Wali Kota Minta Warga Banda Aceh Tak Sepelekan Covid-19

Mandiri. com – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menodong warga yang berada dalam ibu kota Provinsi Aceh itu tidak menyepelekan penyaluran COVID-19, karenanya harus selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Jangan cabar, pandemi masih berlangsung, kita semua harus tetap perdata, terus patuhi protokol kesehatan tubuh, ” kata Aminullah Usman di Banda Aceh, Minggu (16/5).

Aminullah mengaku khawatir terjadinya lonjakan kasus COVID-19 setelah libur panjang menyambut hari awam Idul Fitri ini. Meski sebelumnya telah diimbau serta dilarang mudik melewati kawasan yang ditentukan, namun peristiwa itu belum menutup kemungkinan adanya penyebaran virus menutup tersebut.

Aminullah menyebutkan, sejak sepekan terakhir angka penularan COVID-19 dalam Banda Aceh menunjukkan gaya penurunan, serta meningkatnya nilai kesembuhan.

“Rata-rata setiap harinya ada 20 orang yang sembuh, namun yang meninggal dunia selalu bertambah, ” ujarnya.

Berdasarkan data dibanding Dinas Kesehatan, hari tersebut terjadi penambahan sebanyak 11 pasien yang terkonfirmasi positif, dinyatakan sembuh 29 orang, dan meninggal dunia dua orang.

Dengan akumulasi, ada 2. 863 pasien yang telah terpapar COVID-19, 2. 597 karakter diantaranya telah dinyatakan segar, dalam perawatan 165 karakter, dan meninggal dunia 101 orang.

Berjalan menekan angka penyebaran, Aminullah kembali memerintahkan Tim Waspada COVID-19 gencar merazia tempat-tempat yang ramai dan tidak menerapkan prokes dengan tertib.

“Mohon kita indahkan aturan prokes dengan berlaku. Kita harap status kembali membaik, dan aktivitas bisa normal seperti lazimnya, ” kata Aminullah. [ded]