satu. 200 Polisi Amankan Pilkades Serentak di Garut

satu. 200 Polisi Amankan Pilkades Serentak di Garut

Merdeka. com – Kapolres Garut AKBP Besar Benny Cahyono mengatakan, 1. 200 personel kepolisian dikerahkan untuk mengamankan pemilihan lurah (pilkades) serentak di Kabupaten Garut yang akan dijalankan pada 8 Juni 2021. Mereka akan dibantu personel Brimob dan Polres lainnya.

Penguatan awak itu, menurut Adi, dilakukan untuk menjamin keamanan dan kondusivitas wilayah Garut zaman pelaksanaan pilkades serentak.

“Ada BKO (bawah kendali operasi) dari Brimob itu sebanyak 2 kompi, dari Polres lain, berangkat Polres Kabupaten Tasik, Kota Tasik, dan Ciamis sebanyak 1 kompi 1 kompi semuanya, ” kata Kapolres, Kamis (3/6).

Adi mengungkapkan, dalam pilkades serentak ini, pihaknya menerapkan tiga pola, mulai mengibakan, sangat rawan, hingga invalid rawan. “Untuk Garut kita menerapkan pola rawan. Siap kita dalam pelaksanaan bakal menerapkan komposisi di setiap TPS 1 anggota TNI , 2 anggota Polri, dan 4 atau 5 anggota Linmas atau Satpol PP, ” ungkapnya.

Tatkala itu, Bupati Garut Rudy Gunawan menyebut bahwa tahapan-tahapan pilkades di Kabupaten Garut secara umum berjalan mampu, tertib, dan aman. Tempat berharap semua calon kepala desa bisa menerima hasil barang apa pun dengan ikhlas.

“Semuanya kan harus ikhlas, iman kepada qada dan qodar, kalau dapat 10, yang satu mampu 500 itu dapat lantaran kepercayaan, ” sebutnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Garut Aji Sukarmaji membaca terdapat 2. 227 tempat pemungutan suara dalam pilkades serentak di 217 dukuh yang tersebar di 40 kecamatan di Kabupaten Garut. Dia memastikan bahwa metode pemilihan akan menerapkan adat kesehatan

“Calon kepala desa yang akan dipilihnya 818 orang. Ada dua orang orang yang meninggal dunia, jadinya susunan 816 orang calon besar desa, ” jelasnya. [yan]