Ridwan Kamil Minta Kampanye di 3 Daerah Masuk Zona Merah Covid-19 Dikurangi

Ridwan Kamil Minta Kampanye di 3 Daerah Masuk Zona Merah Covid-19 Dikurangi

Merdeka. com – Gubernur Jawa Bara, Ridwan Kamil meminta intensitas aktivitas kampanye diturunkan di daerah yang berkategori zona abang penyebaran Covid-19. Ini adalah cara rasional untuk menekan penyebaran virus agar tidak meluas.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil pertimbangan pekan ini, ada tujuh wilayah di Jawa Barat yang mengakar kategori zona merah. Daerah itu adalah Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bandung, Kota Bekasi, dan Praja Cimahi.

Dari wilayah tersebut, ada tiga daerah dengan menggelar Pilkada, yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Tasikmalaya. Diketahui, proses pemungutan suara dijadwalkan pada bulan Desember 2020.

“Menjelang hari pencoblosan, saya minta proses pengurangan intensitas kesibukan, itu arahan dari kami, ” kata dia di Gedung Sate Bandung, Kamis (19/11).

Intensitas kegiatan yang dimaksud salah satunya ialah kegiatan kampanye yang berpotensi menyebabkan kerumunan yang dengan tidak langsung meningkatkan Potensi penularan Covid-19.

“Jadi kepada yang Pilkada sedang zona merah, arahan kami adalah mengurangi dengan namanya intensitas kegiatan kampanye, ” ucap dia.

Sebelumnya, Bupati Bandung, Dadang M Naser menyatakan status zona merah tidak terlepas dari peningkatan temuan peristiwa dari klaster pesantren dan keluarga. Ini penyebabnya diduga dari datangnya warga dari luar wilayah yang tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Ada dua pondok di Kabupaten Bandung yang langsung. Klaster keluarga juga ada. Buatan evaluasi, klaster ini terjadi karena dari (warga) luar (Kabupaten Bandung). Tempo hari juga tamu sebab Bogor ke Ciparay, ada akikahan, kejadian (temuan kasus Covid-19). (Warga) harus hati-hati dengan tamu dengan datang dari luar, ” prawacana Dadang.

Temuan yang lain adalah, mayoritas yang terkonfirmasi Covid-19 berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG). Ia mengaku sudah menginstruksikan bagian terkait segeral melakukan tindakan medis di pesantren dan klaster tanggungan termasuk pengetesan serta pelacakan dengan maksimal. [gil]

Location | Posted in Info