Puluhan Tenaga Kesehatan di Tasik Terpapar Covid-19, Dinkes Rekrut Relawan

Puluhan Tenaga Kesehatan di Tasik Terpapar Covid-19, Dinkes Rekrut Relawan

Merdeka. com – Tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar Covid-19 di Tanah air Tasikmalaya terus mengalami penambahan. Di dalam beberapa hari terakhir, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya mencatat 22 nakes yang terpapar virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat menyatakan bahwa sejak awal pandemi Covid-19 terjadi, di Kota Tasikmalaya tercatat bertambah dari 50 nakes yang dinyatakan positif Covid-19. Dari jumlah itu, dua diantaranya meninggal dunia.

“Dalam beberapa hari terakhir, terdapat laporan 22 nakes yang terpapar virus corona. Nakes yang terkonfirmasi positif, mulai dari puskesmas sampai rumah sakit, ” cakap Uus, Rabu (16/12).

Banyaknya nakes yang terpapar Covid-19, menurut Uus menjadi persoalan tersendiri karena jumlah tenaga kesehatan di Kota Tasikmalaya sangat terbatas. Hal tersebut semakin menjadi karena peristiwa warga yang terpapar kian menyusun.

Untuk mengantisipasi agar penanganan tetap berjalan lancar, Jawatan Kesehatan Kota Tasikmalaya mengaku telah melakukan perekrutan relawan tenaga kesehatan. Hal tersebut menurutnya penting dilakukan agar para tenaga kesehatan pada lapangan bisa terbantu.

“Mayoritas tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 justru bukan berasal sejak ruang isolasi pasien Covid-19, tetapi yang memberikan pelayanan umum, seperti nakes yang bertugas di UGD dan poli. Mereka kan tidak prepare karena mereka tidak tahu pasien yang ditangani positif atau tidak, ” jelasnya.

Ia berharap agar tidak ada lagi nakes yang terpapar Covid-19, apalagi sampai meninggal dunia. Pihaknya pun kini mewajibkan seluruh nakes yang bertugas di fasilitas kesehatan tubuh agar selalu menggunakan APD (alat pelindung diri) saat bertugas.

“Kalau mereka tak mengindahkan, kita akan memberikan sanksi pada mereka. Ini kan untuk hajat mereka sendiri. Sanksinya bisa nasihat lisan, tertulis, kalau masih leler, tidak menutup kemungkinan dicabut permisi praktiknya, kalau protokol kesehatan tak diterapkan, ” ungkapnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Tanah air Tasikmalaya, hingga saat ini ada total 1. 602 kasus terkonfirmasi positif Covid-19. 806 orang telah dinyatakan sembuh, 759 orang sedang menjalani isolasi, dan 37 karakter meninggal dunia. [rhm]

Location | Posted in Info