Polres Sukoharjo Bebaskan 3 Peserta Demo Tolak UU Cipta Kerja yang Ditangkap

Polres Sukoharjo Bebaskan 3 Peserta Demo Tolak UU Cipta Kerja yang Ditangkap

Merdeka. com – Polisi telah melepas 3 peserta aksi pertunjukan tolak UU Cipta Kerja di simpang tiga Tugu Kartasura, Sukoharjo, Kamis (7/10) lalu. Ketiganya merupakan mahasiswa, pelajar dan masyarakat biasa. Mereka diamankan seusai aksi yang berlangsung ricuh.

Kuasa Hukum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari LBH Solo Raya, I Made Ridho, membenarkan informasi tersebut. Dari tiga orang yang diamankan, lanjut dia, seorang diantaranya merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

“Ada mahasiswa satu dengan ikut diamankan, inisialnya A lantaran UMS, ” ujar Ridho, Sabtu (10/10).

Menurut Ridho petugas salah telah menangkap A. Karena yang bersangkutan hanya melintas disekitar lokasi saat aksi demonstrasi berlangsung.

“A tahu bermalam Polres satu hari buat didata, ” jelasnya.

Ridho memastikan, A telah dibebaskan pada Jumat kemarin dengan dijemput oleh orang tuanya. Ia menjelaskan, berdasarkan keterangan polisi , pada awalnya A ditangkap, karena dicurigai sebagai provokator.

Selain A, menurut Ridho, polisi juga telah membebaskan besar warga sipil lainnya. Namun ia tidak mengenal kedua warga sipil tersebut.

Selain mengamankan mahasiswa yang melakukan aksi dalam Kartasura, pada saat yang dekat bersamaan, polisi juga mengamankan seorang pelajar yang mengikuti aksi pada Universitas Bangun Nusantara (Univet) Sukoharjo.

“Aksi yang di Univet juga ada satu mahasiswa yang sempat diamankan, tapi itu sudah dibebaskan, ” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, aparat Polres Sukoharjo mengamankan 3 orang peserta aksi demonstrasi menolak UU Cipta Kerja, di simpang tiga Kartasura, yang berlangsung ricuh, Kamis (8/10). Ketiga orang yang diamankan itu, seorang diantaranya merupakan mahasiswa dan 2 orang lainnya warga biasa.
“Ada 3 orang dengan kita amankan. Saat ini mereka sedang kita periksa, ” perkataan Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Jumat (9/10) lalu. [rhm]