Napi Warga Jaktim Mengaku Polisi serta Peras Wanita Modus Rekaman Video Asusila

Napi Warga Jaktim Mengaku Polisi serta Peras Wanita Modus Rekaman Video Asusila

Merdeka. com – Seorang narapidana yang mengaku sebagai abdi ke polisi penyerapan melakukan pemerasan terhadap korban dengan modus panggilan video untuk beradegan asusila kemudian direkam.

“Tersangka bernama Ibrahim Purba (26) seorang narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Riau, ” kata Kapolrestro Jakarta Timur, Kombes Pol Arie Ardian, dalam Jakarta, Kamis (27/8).

Kasusnya ditangani Polrestro Jakarta Timur sebab Ibrahim merupakan warga Jakarta Timur yang sedang menjalani era tahanan di Lapas Riau tempat kasus penyalahgunaan narkoba. Tersangka berbuat dengan telepon genggam yang diselundupkan ke dalam penjara.

Ibrahim melakukan panggilan video pada sejumlah perempuan untuk melakukan fragmen asusila dan merekamnya untuk disimpan dalam bentuk file di telepon genggam milik tersangka.

Selanjutnya tersangka mengancam akan menyebarluaskan video itu melalui media baik bila korban tidak mentransfer kekayaan ke rekening tersangka.

Tersangka memeras uang hingga belasan juta rupiah kepada para korban. “Adegan dalam video tersebut diduga pula dipertontonkan kepada narapidana lainnya di dalam lapas, ” kata Arie.

Saat ini Ibrahim telah ditangkap dan dipenjara pada Mapolrestro Jakarta Timur karena adanya laporan korban bahwa yang terlibat melakukan tindakan pemerasan.

Dari tangan pelaku polisi menyita sejumlah barang bukti berupa telepon genggam, flash disk, bukti transfer uang, dan tangkapan layar bersifat percakapan.

“Tersangka era ini kita jerat dengan Bab 29 KUHP tentang Pornografi serta Pasal 45 KUHP tentang Keterangan dan Transaksi Elektronik (ITE), ” katanya. [ded]