MELIHAT FAKTA: Hoaks Pemilik SIM C Dapat Bantuan Dana Covid-19 Rp900 Ribu

MELIHAT FAKTA: Hoaks Pemilik SIM C Dapat Bantuan Dana Covid-19 Rp900 Ribu

Merdeka. com – Informasi pemilik (Surat Permisi Mengemudi) SIM C mendapat bantuan uang tunai sebesar Rp900 ribu beredar di aplikasi percakapan WhatsApp. Informasi itu menyebutkan bahwa pemilik SIM C akan mendapat bantuan dana Covid-19 sebesar Rp900 seperseribu. Dalam informasi itu juga dicantunkan sebuah tautan.

hoaks pemilik sim c dapat bantuan dana covid

Kominfo

Penelusuran

Menurut penelusuran lepas. com, informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel liputan6 berjudul “Cek Fakta: Hoaks Informasi Cara Meneroka Pemilik SIM C Dapat Sandaran Covid-19” pada 27 Oktober 2020, dijelaskan bahwa tidak ada perintah resmi terkait pemberian dana tersebut.

“Cek Fakta Liputan6. com menelusuri kebenaran informasi cara mengecek pemilik SIM C memiliki bantuan Covid-19, dengan mengunjungi tautan yang disertakan dalam informasi tersebut.

Saat tautan itu diklik muncul foto potongan propaganda rokok bertemakan jin dengan disertai tulisan NGIMPI !!!.

hoaks pemilik sim c dapat bantuan dana covid

Kominfo

Dalam tautan tersebut tidak terdapat formulir yang akan diisi untuk mengetahui pemilik SIM C mendapat bantuan Covid-19

Penelusuran dilanjutkan dengan meminta konfirmasi Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN).

Tim Komunisasi PC-PEN Lalu Hamdani membuktikan, informasi tersebut tidak benar nama lain hoaks, sebab tautan yang dicantumkan hanya untuk iseng.

“Bisa dipastikan hoax. Link itu adalah meme iseng untuk prank, ” kata Lalu saat berbincang dengan Liputan6. com.

Kesimpulan

Informasi pemilik SIM C mendapat dana bantuan Covid-19 adalah hoaks. Pesan berantai tersebut dibuat cuma untuk lelucon dan tidak ada pesan resmi terkait informasi mas dana bantuan ini.

Jangan mudah percaya dan melihat setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Location | Posted in Info