Hari Kesaktian Pancasila, Kantor Pemerintah Diminta Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Hari Kesaktian Pancasila, Kantor Pemerintah Diminta Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Merdeka.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Pendidikan Tinggi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim meminta setiap kantor pemerintahan level pusat maupun daerah mengibarkan bendera setengah tiang hari ini. Hal itu guna memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober.

“Setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri serta seluruh komponen masyarakat Indonesia pada tanggal 30 September 2021 agar mengibarkan bendera setengah tiang dan pada tanggal 1 Oktober 2021 pukul 06.00 waktu setempat, bendera berkibar satu tiang penuh,” tulis Nadiem dalam sebuah surat bernomor 64262/MPK.F/TU.02.03/2021 dikutip Kamis (30/9).

Nadiem juga menginstruksikan kepada Menteri, Pimpinan Lembaga Negara/Instansi Pusat beserta Pimpinan Tinggi Madya atau sederajat untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti Jakarta secara virtual dari kantor masing-masing.

“Kepala Daerah/Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), kantor/lembaga yang ada di daerah wajib mengikuti Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti Jakarta secara virtual dari kantor masing-masing,” tulis Nadiem.

Masyarakat pun diminta untuk mendengarkan pidato Nadiem yang disiarkan melalui sejumlah saluran pada sore ini.

“Pada tanggal 30 September 2021 masyarakat agar mendengarkan Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui berbagai kanal media massa (televisi, radio, dan media daring)” kata Nadiem.

Reporter: Yopi Makdori [ray]