Enam Nakes Positif Covid-19, Puskesmas Kaliwungu Kendal Ditutup

Enam Nakes Positif Covid-19, Puskesmas Kaliwungu Kendal Ditutup

Langgas. com – Sebanyak enam tenaga kesehatan dengan berada di Puskesmas Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah terkonfirmasi positif Covid-19. Akibatnya, pelayanan Puskesmas harus ditutup untuk sementara selama tiga hari dari 18 September, hingga 20 September 2020.

“Jadi awalnya dari tenaga administrasi yang positif. Kita tracking kepada 25 orang yang kontak erat langsung, didapat 5 orang positif, totalnya ada 6 orang, ” cakap Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando Rad Bonay dalam keterangannya, Jumat (18/9).

Dari keterangan petugas Dinkes, satu pegawai administrasi tersebut diduga terpapar saat membangun melakukan tracking kepada warga yang kontak erat dengan pasien pasti. Saat ini kondisinya ada yang sudah menjalani perawatan di bagian isolasi rumah sakit darurat covid-19 (RSDC) di Kendal.

“Enam orang terdiri dari perawat, bidan, serta tenaga administrasi. Era ini mereka sudah ada yang menjalani perawatan rumah sakit, serta ada yang melakukan karantina mandiri di rumah, ” ujarnya.

Sedangkan untuk mengantisipasi penularan, petugas Dinkes berkoordinasi dengan BPBD setempat sudah melakukan sterilisasi tempat puskesmas. Dengan ditutupnya pelayanan kesehatan, ia menyarankan warga yang bermaksud periksa kesehatan ke Puskesmas Brangsong maupun Kaliwungu Selatan.

“Kebetulan saat ini tidak ada pasien yang rawat inap, jadi kita sterilkan dengan penyemprotan disinfektan di lokasi puskesmas, ” jelasnya.

Terkait klaster penularan pada keluarga juga sudah ada, namun ia belum bisa menjelaskan secara detail. “Kita berharap petugas puskesmas lain meningkatkan kewaspadaan secara menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap saat bertugas. Minimal APD yang berstandar dalam menjalankan perintah, ” tutup Ferinando. [fik]

Location | Posted in Info