Dasar Hapus 18 Lembaga dan Komisi, Jokowi akan Terbitkan Perpres Perdana

Dasar Hapus 18 Lembaga dan Komisi, Jokowi akan Terbitkan Perpres Perdana

Merdeka. com semrawut Presiden Joko Widodo alias Jokowi berencana akan menghapus 18 lembaga dan komisi pada waktu dekat. Tenaga Ahli Sari Staf Kepresidenan (KSP), Donny Gahral menjelaskan hal tersebut masih dalam tahap kajian dan nantinya jalan pembubaran tersebut, Jokowi akan menjadikan Peraturan Presiden (Perpres).

“Pasti ada pencabutan Perpres yang sudah ada, dan melalui Perpres baru, ” kata Donny era dihubungi, Jumat (17/7).

Sebelumnya Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko membeberkan beberapa lembaga dan persen yang akan dihapus. Dia menjelaskan ada beberapa organisasi yang bisa digabung di bawah kementerian. Seperti komisi usia lanjut yang dibentuk dalam Keppres Nomer 52 tahun 2004.

“Kira taksir seperti ini ya, komisi piawai lanjut. Ini enggak pernah kedengaran kan apakah itu tidak di dalam tupoksi KPPPA. Kalo masih dalam cakupan kementerian itu mungkin bisa dipikirkan, ” kata Moeldoko.

Selanjutnya Badan Akreditasi Olahraga, dia menilai saat ini ada tiga badan. Kemudian dia pula menyoroti Badan Restorasi Gambut (BRG).

“Kemudian BRG, sementara ini perannya cukup bagus dalam ikut menangani restorasi gambut. Tetapi nanti juga akan dilihat. BRG itu dari sisi kebakaran, apakah cukup ditangani BNPB? ” ungkap Moeldoko. [eko]