Cegah Perayaan Tahun Baru, Sejumlah Lokasi di Makassar akan Ditutup

Cegah Perayaan Tahun Baru, Sejumlah Lokasi di Makassar akan Ditutup

Merdeka. com – Penjabat Wali Praja Makassar , Rudy Djamaluddin bakal menutup sejumlah fasilitas umum yang kerap dijadikan bercak kumpul jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), untuk mengantisipasi massifnya penyebaran Covid-19.

“Kita akan tutup sejumlah fasilitas umum mulai 24 Desember hingga 3 Januari mendatang. Fasilitas umum yang dimaksud seperti Pantai Losari, Lapangan Karebosi, Pantai Akkarena dan zona Center Point of Indonesia (CPI), ” kata Rudy kepada wartawan usai rapat koordinasi di bagian rapat pimpinan kantor Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (18/12).

Selain itu, lanjutnya, pula diberlakukan pembatasan waktu buka ataupun waktu operasional terhadap tempat ataupun titik-titik kumpul lainnya seperti kafetaria, restoran dan mal. Pembatasan mematok pukul 19. 00 WITA. Razia yustisi juga akan lebih dikencangkan lagi. Pengawasannya ditangani oleh Satpol PP yang juga bagian dari Satgas Covid-19 di-backup TNI dan Polri.

“Jadi diimbau pada masyarakat (di luar Makassar) tidak perlu datang ke Makassar buat rayakan tahun baru, karena perjamuan seperti itu di Makassar untuk sementara ditiadakan, tidak akan dikeluarkan izin dalam bentuk apapun buat menekan kian massifnya penyebaran Covid-19, ” tutur Rudy.

Kebijakan tersebut, tambah Rudy, mau mengganggu aktivitas dalam liburan awak namun harus dilakukan demi relevansi bersama.

“Keputusan Satga pusat, sebenarnya Makassar saat tersebut masih zona orange tapi hamba secara pribadi, melihat kalau perlu di Makassar ini sebut selalu zona merah bahkan zona hitam supaya masyarakat hati-hati terus, ” ujarnya.

Penambahan angka positif per hari cukup signifikan. Jika tanggal 15 Desember lulus, angka positif sebanyak 58 urusan, tanggal 16 Desember sebanyak 283 kasus dan tanggal 17 Desember sebanyak 122 kasus. Di bandingkan daerah lain di Sulsel kenaikan per hari hanya puluhan ataupun belasan kasus bahkan ada yang tidak ada penambahan. [cob]

Location | Posted in Info