Bos BKPM Catat Investasi di Sungguh Pulau Jawa Melonjak di Kuartal III-2020

Bos BKPM Catat Investasi di Sungguh Pulau Jawa Melonjak di Kuartal III-2020

Merdeka. com – Lembaga Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mendokumentasikan, realisasi investasi di semester III-2020 mencapai Rp209 triliun. Angka ini terdiri dari Penanaman Modal Aneh (PMA) sebesar Rp106, 1 triliun atau 50, 8 persen, serta Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebanyak Rp102, 9 triliun ataupun 49, 2 persen.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengutarakan, perolehan investasi pada kuartal III tahun ini tidak hanya meyakinkan dari sisi nilai, namun pula positif dari penyebarannya. Alhasil investasi menjadi menjadi lebih berkualitas.

“Salah satu juga investasi berkualitas, terdiri dari penyebaran investasi yang merata antara pulau Jawa dan luar pulau Jawa. Pada mana pada kuartal kali tersebut investasi di luar Jawa lebih unggul, ” ujar dia di Konferensi Pers Virtual Realisasi Investasi Triwulan III 2020, Jumat (23/10).

Dia merinci, realisasi investasi di luar pulau Jawa pada kuartal III tahun itu mencapai Rp110, 4 triliun atau naik 17, 9 persen secara yoy. “Maka, investasi di asing pulau Jawa mencapai 52, 8 persen, ” jelasnya.

Sementara itu, perolehan investasi di pulau Jawa mencapai Rp98, enam triliun atau turun 12 tip secara yoy. “Untuk investasi dalam pulau Jawa kali ini terekam 47, 2 persen. Jadi, investor tidak lagi fokus di tanah Jawa, ” paparnya.

Menurutnya, adanya pemerataan investasi tersebut tak lepas dari upaya Pemerintahan Jokowi yang terus berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah, khususnya di luar pulau Jawa.

“Bahwa pembangunan infrastruktur oleh Jokowi sejak lima tarikh lalu sudah kelihatan dampaknya. Investor masuk ke luar pulau Jawa karena infrastruktur bagus, logistik baik, jadi bahan baku ada, ” terangnya. [azz]