BNPT dan LPSK Beri Sokongan Kepada Korban Aksi Terorisme di Poso

BNPT dan LPSK Beri Sokongan Kepada Korban Aksi Terorisme di Poso

Merdeka. com semrawut Institusi Nasional Penanggulangan Terorisme bersama Lembaga Perlindungan Saksi & Korban (LPSK) dan Polda Sulawesi Tengah menyerahkan santunan kematian dan dana kerahiman kepada empat orang keluarga korban aksi terorisme yang terjadi di Desa Kalimago, Kecamatan Lore Timur, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Pusat.

Direktur Perlindungan BNPT, Brigjen Pol Herwan Chaidir menuturkan, pemberian sokongan sebagai bentuk kehadiran negeri di tengah keluarga dengan menjadi korban aksi terorisme.

“Sinergitas 3 institusi ini merepesentasaikan negara yang bertanggung jawab di dalam memberikan perlindungan dan pemulihan kepada korban aksi terorisme salah satunya dengan pemberian santunan dan dana kerahiman secara langsung kepada mereka, ” ujar dia pada keterangan tertulis, Selasa (18/5/2021).

Wakil Kepala LPSK, Edwin Partogi Pasaribu menjelaskan, selain santunan dan dana kerahiman, diberikan juga bantuan medis, psikologi, psikososial. Serta kompensasi juga bakal diberikan kepada keluarga objek.

“Tidak cuma santunan kematian dan biaya kerahiman. Kebutuhan yang diperlukan korban agar bisa sembuh kembali, negara akan mengikuti membantu dan bertanggung jawa, ” ujar dia.

Wakapolda Sulawesi Pusat Brigjen Pol Heri Santoso menambahkan, semua pihak kudu membantu warga Poso yang menjadi korban dari aksi terorisme.

“Tugas kita melindungi dan menggembala masyarakat termasuk para objek aksi terorisme, ” ucapnya.

Reporter: Ady Anugrahadi

Sumber: Liputan6. com [noe]