Bawa Inovasi Energi Baru, Pertamina Luncurkan Kompetisi Sobat Bumi

Bawa Inovasi Energi Baru, Pertamina Luncurkan Kompetisi Sobat Bumi

Merdeka. com kepala Pertamina mengeluarkan Kompetisi Sobat Bumi (KSB) buat mendukung bibit-bibit unggul dalam pembaruan energi baru dan terbarukan (EBT). Kompetisi dibuka bagi mahasiswa, dosen, peneliti, penggiat energi terbarukan serta masyarakat umum di seluruh Indonesia.

Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, kompetisi ini untuk mengembangkan konsep kreatif dan inovatif dan memaksimalkan potensi energi di Indonesia. Diharapkan dengan kompetisi ini mampu menutup kebutuhan energi di daerah terisolasi, pelosok, dan terisolir lainnya.

“Seluruh layer para akademisi dapat berperan aktif dalam kalender KSB ini supaya dapat membuktikan ide tentang pengembangan energi mutakhir terbarukan dalam menjadi pioneer membawa keberlangsungan energi masa depan, ” kata Fajriyah, Sabtu (18/7).

Kompetisi Sobat Bumi 2020 memiliki dua kategori yakni kategori Teori Sains dan kategori Proyek Inovasi Energi Baru Terbarukan dengan hadiah total mencapai Rp 900 juta. Kategori Teori Sains diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta dari seluruh program studi atau jurusan, dan dapat berasal dari Universitas, Institut, Sekolah Tinggi ataupun Politeknik.

©2020 Merdeka. com

Sementara Kategori Proyek Inovasi Energi Baru Terbarukan diperuntukkan bagi peneliti, dosen, praktisi, penggiat energi serta pengabdi masyarakat yang mempunyai ketertarikan terhadap energi baru terbarukan.

Pelaksanaan Kompetisi Sobat Bumi dilakukan secara virtual meniti website www.sobatbumi.id.

“Pertamina ingin memfasilitasi seluruh masyarakat agar mampu melawan kondisi keterbatasan dan tetap leluasa mengeksplorasi daya pikir dan logisnya untuk menampilkan inovasi karya cipta yang diharapkan bisa memberikan solusi bagi kebutuhan energi, ” terang Fajriyah.

Menurutnya, para mahasiswa bisa mencatat KSB kategori Teori Sains tiba tanggal 3 Agustus hingga 30 Oktober 2020. Peserta yang meresap akan diseleksi dalam dua tahap yakni seleksi daerah dan seleksi nasional.

Seleksi kawasan merupakan babak penyisihan yang dilakukan dengan metode Computer Based Test dan diselenggarakan secara online secara jaringan internet yang baik di tempat peserta berada. Selanjutnya opsi nasional merupakan babak final dengan dilakukan dalam dua tahap, yakni seleksi semi final dan grand final.

Sementara buat kategori Proyek Inovasi EBT pendaftaran telah dibuka sejak 24 Juni dan akan ditutup pada 31 Juli 2020. Peserta yang mau mendaftar di kategori Proyek Pembaruan EBT harus mengirimkan proposal absurd seputar ide inovasi energinya.

Bagi peserta 25 unggul akan diberikan pendanaan untuk menyusun video paparan ide inovasinya, lalu diseleksi menjadi 10 terbaik dengan akan didanai untuk nantinya hendak mengikuti PFSains Camp di Jakarta semasa 3 hari dan selanjutnya hendak dipilih 3 pemenang terbaik. [hhw]

Location | Posted in Info