73 Pasien Covid-19 di Tarakan Sehat

Merdeka. com – Pasien Covid-19 Sembuh di Tarakan, Kalimantan Utara mencapai 73 orang. Satu di antaranya adalah seorang tenaga medis dengan jenis kelamin laki-laki usia 45 tahun, warga Kelurahan Karang Tumpuan.

“Saat ini jumlah pasien yang dinyatakan sembuh daripada Covid-19 sebanyak 73 orang, ” kata Juru Bicara Gugus Perintah Percepatan Penanganan Covid-19 Tarakan Devi Ika Indriarti di Tarakan dilansir Antara, Sabtu (18/7).

Jumlah kumulatif kasus konfirmasi sebesar 87 orang, sedangkan pasien dengan masih dirawat sebanyak 14 orang. 8 orang dirawat Rumah Rendah Umum Daerah (RSUD) Kota Tarakan dan enam pasien dirawat di RSUD Tarakan.

Karakter dengan salah satu gejala/tanda ISPA dan 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi/probable Covid-19, lalu orang dengan ISPA berat atau pneumonia berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan tidak ada penyebab lain berdasarkan kisah klinis yang meyakinkan.

“Jumlah seluruh kontak erat dengan sedang dipantau yang saat itu sebanyak 183 orang. Kontak erat adalah orang yang memiliki sejarah kontak dengan kasus probable ataupun konfirmasi Covid-19, ” kata Devi.

Riwayat kontak erat yang dimaksud yakni kontak tatap muka/berdekatan dengan kasus probable/kasus penyungguhan dalam radius satu meter serta dalam jangka waktu 15 menit atau lebih.

Lalu sentuhan fisik langsung dengan kasus yang terkonfirmasi seperti salaman, berpegangan tangan dan lain-lain, dan selanjutnya orang yang memberikan perawatan tepat terhadap kasus terkonfirmasi tanpa menggunakan alat pelindung diri (APD) yang sesuai standar. [ray]